7 Fakta Menarik Tentang Madagaskar

Fakta Tentang Madagaskar

Terkenal dengan keanekaragaman hayati yang luar biasa dan pemandangan alamnya yang menakjubkan, Madagaskar telah berkembang pesat di jalur wisata dalam beberapa dekade terakhir. Baik Anda berencana mengunjungi untuk makanan lokal yang lezat, satwa liar yang memukau, atau budaya yang kaya, Anda siap berpetualang. Berikut adalah beberapa fakta paling menarik tentang Madagaskar dari satwa liarnya yang sangat kaya hingga era bajak lautnya yang aneh.

1. Salah Satu Pulau Terbesar di Dunia

Dengan luas 226.917 mil persegi, Madagaskar adalah pulau terbesar keempat di seluruh dunia. Itu hanya dilampaui oleh Kalimantan, New Guinea dan tentu saja, Greenland yang perkasa. Yang lebih mengesankan, Madagaskar lebih besar dari Thailand, Swedia, Spanyol, dan bahkan Jerman. Di lebih dari 26 juta orang yang menyebut Madagaskar sebagai rumah, penduduknya juga mendukung ukurannya.

2. Surga Bagi Pecinta Alam dan Satwa Liar

Bukan rahasia lagi bahwa Madagaskar sangat kaya akan keanekaragaman hayati. Namun, seberapa kaya mungkin akan mengejutkan Anda. Dari hanya 17 negara yang dianggap megadiverse, Madagascar lolos. Ini sebagian besar berkat isolasi dan fakta bahwa manusia membutuhkan ratusan ribu tahun untuk menemukannya. Madagaskar juga merupakan rumah bagi lebih dari separuh bunglon dunia dan beberapa spesies lemur yang unik.

3. Manusia Sangat Terlambat Menemukannya

Berbicara tentang keterpencilan dan penemuan terakhir Madagaskar – para pemukim yang tiba dengan kano dari Kepulauan Sunda dan Afrika Timur sekitar tahun 500 M menemukan Madagaskar. Pada saat itu, homo sapiens sudah ada di Afrika selama 300.000 tahun. Menariknya, pulau ini terletak di dekat Afrika yang berbahasa Bantu; akan tetapi, bahasa Malagasi termasuk dalam rumpun bahasa Austronesia.

4. Rumah Bagi Tiga Situs Warisan Dunia UNESCO

Madagaskar membanggakan tiga Situs Warisan Dunia UNESCO yang luar biasa yang menunjukkan kekayaan budaya dan keanekaragaman alamnya. Diantaranya adalah situs pemakaman berusia 500 tahun di Bukit Kerajaan Ambohimanga; hutan hujan yang subur di Atsinanana, Objek Wisata di Banyuwangi dan Cagar Alam Tsingy de Bemaraha yang sangat menakjubkan yang terkenal dengan lanskap batu kapurnya yang dramatis.

5. Tempat Favorit para Bajak Laut

Jika peti harta karun yang hilang dan kapal bajak laut bertingkat adalah milik Anda, Madagaskar memiliki hadiah untuk Anda. Berkat teluk terpencil yang tak terhitung jumlahnya dan kerahasiaan relatif dari Eropa, Madagaskar adalah tempat persembunyian yang populer bagi para bajak laut. Faktanya, Ile Sainte-Marie, empat mil dari pantai timur Madagaskar yang berkilauan disebut sebagai Pulau Bajak Laut di peta dunia saat itu. Cerita lain termasuk dugaan koloni bajak laut anarkis Kapten James Mission di akhir 1600-an.

6. Bare-knuckle Fighting

Anda pernah mendengar seni bela diri, krav maga dan jujitsu, tetapi pernahkah Anda mendengar tentang moraingy? Gaya bertarung tangan kosong ini berasal dari Madagaskar dan dianggap sebagai olahraga nasional. Juga dikenal sebagai tinju Malagasi atau moringue, ini adalah salah satu gaya bertarung paling intens di luar sana dan jelas bukan untuk orang yang lemah hati.

7. Pernah Dijajah Perancis

Marco Polo adalah orang Eropa pertama yang tiba di Madagaskar, diikuti oleh Portugis pada tahun 1500-an. Namun, beberapa ratus tahun kemudian di akhir abad ke-19, sebenarnya orang Prancis yang menjajah pulau itu dan menyatakan bahasa Prancis sebagai bahasa resminya. Untungnya, pada tahun 1960 Madagaskar memperoleh kemerdekaan, namun, banyak pengaruh Prancis masih dapat dirasakan hingga saat ini.

Recommended Articles