10 Kota Teratas di Amerika Tengah yang Wajib Dikunjungi

10 Kota Teratas di Amerika Tengah yang Wajib Dikunjungi

Dikemas dengan hutan hujan yang rimbun, reruntuhan Maya, dan pantai yang indah, Amerika Tengah adalah sepotong kecil surga. Dan kota-kotanya semakin menambah daya tarik, mulai dari metropolis kosmopolitan hingga kota-kota dengan pesona dunia lama kolonial. Jadi jika Anda berencana untuk bepergian ke wilayah yang menarik ini, berikut adalah pilihan kota terbaik di Amerika Tengah untuk ditambahkan ke rencana perjalanan Anda.

1. Kota Meksiko, Meksiko

Ibu kota Meksiko dan salah satu kota besar di dunia, kota metropolis yang berkembang ini menggabungkan sejarah berabad-abad dengan pusat kota yang berkembang pesat. Anda akan menemukan museum dan pusat perbelanjaan kelas dunia, di samping lingkungan penuh warna yang menawarkan kafe unik dan jalan perumahan yang rindang.

Pergilah ke alun-alun utama, yang dikenal sebagai Zocalo, untuk mengagumi Katedral Metropolitan dan Palacio de Bellas Artes art nouveau. Terletak di atas reruntuhan Tenochtitlan, ibu kota kuno kekaisaran Aztec, alun-alun ini juga menjadi rumah bagi Templo Mayor – kuil agung suku Aztec.

Lebih besar dari Central Park di New York, Bosque Chapultepec adalah taman kota yang fantastis di jantung kota, di mana Anda dapat dengan mudah menghabiskan sore untuk menjelajah. Dan jika Anda mengatur waktu kunjungan Anda dengan Day of the Dead pada tanggal 2 November, Anda akan menyaksikan parade jalanan tahunan kota yang dihadiri lebih dari seribu penari dan artis berpakaian kerangka.

2. Havana, Kuba

Menawarkan mengintip ke masa lampau, ibu kota Kuba yang memabukkan ini tampaknya terjebak dalam perubahan waktu tahun 1950-an. Jalan-jalan berbatu Havana dipagari dengan fasad bangunan kolonial yang runtuh, dengan mobil-mobil Amerika klasik melintas.

Inti kota adalah kota tua yang terdaftar di UNESCO, juga dikenal sebagai Habana Vieja. Dipenuhi dengan museum, restoran, dan gereja dengan lukisan dinding, Anda dapat menjelajahi alun-alun berbatu dan menemukan permata arsitektur seperti Museum Revolusi dan Katedral Havana bergaya Barok.

Menumpang salah satu mobil kuno Havana adalah cara yang bagus untuk menjelajah. Kegiatan menyenangkan lainnya termasuk mengunjungi Havana Club Rum Museum. Di sini Anda tidak hanya akan mempelajari segala hal yang perlu diketahui tentang rum tetapi, tentu saja, memiliki kesempatan untuk mencicipinya juga.

3. San Jose, Kosta Rika

Terletak di jantung permata Amerika Tengah ini, San Jose menawarkan lebih dari sekadar bandara internasional. Sementara banyak Kosta Rika yang tiba cenderung langsung menuju pantai atau taman nasional yang rimbun, kota ini penuh dengan pemandangan sehingga layak untuk meluangkan waktu dalam rencana perjalanan Anda.

Sebagai pusat budaya Kosta Rika, Anda akan menemukan museum, alun-alun, dan teater di seluruh kota termasuk Teater Nasional yang elegan dan Museum Nasional Kosta Rika. Pasar sentral menawarkan pengalaman otentik, menjual segala sesuatu mulai dari biji kopi hingga tempat tidur gantung. Dan jika Anda membutuhkan tempat untuk melepas lelah, pergilah ke Parque Metropolitano La Sabana untuk berjalan-jalan atau piknik.

Kuliner kota yang fantastis ini juga menjadi kejutan bagi banyak wisatawan. Meskipun Anda dapat menemukan hampir semua jenis masakan di kota, hidangan tradisional untuk dicoba termasuk Gallo Pinto, hidangan nasi dan kacang, dan Casado – makanan pokok Kosta Rika.

4. Antigua, Guatemala

Kota yang menawan dengan latar belakang yang dramatis, Antigua yang indah dikelilingi oleh tiga gunung berapi yang menjulang. Tapi bukan hanya pengaturannya yang menjadikan kota ini tujuan yang paling banyak dikunjungi di Guatemala. Terdaftar di UNESCO sejak 1979, jalan berbatu Antigua dipenuhi dengan bangunan kolonial berwarna-warni dan reruntuhan yang indah.

Pemandangan teratas termasuk Gereja La Merced yang cantik dan Katedral Santiago abad ke-16. Kunjungi Mercado untuk menemukan kedai yang ditujukan bagi penduduk setempat, tempat Anda akan menemukan buah segar, pakaian murah, dan banyak lagi untuk dijual. Atau lakukan 30 menit berjalan kaki ke Cerro de la Cruz dan nikmati pemandangan kota yang fantastis.

Santa Catalina Arch menawarkan foto klasik Antigua, dengan landmark ikonik ini menghadap ke Gunung Berapi Agua yang perkasa. Ambil foto Anda setelah hujan turun dan Anda juga akan melihat pantulannya di genangan air di bawah.

5. Kota Panama, Panama

Terletak di sepanjang Pantai Pasifik di Teluk Panama, Panama City dulunya adalah desa nelayan kecil. Sekarang ibu kota paling kosmopolitan di Amerika Tengah, rumah bagi sekitar 40% populasi Panama.

Berjalan-jalanlah melalui distrik Paitilla dan lihat cakrawala kota yang indah, yang didominasi oleh gedung pencakar langit berkilauan yang mirip dengan yang ada di Hong Kong. Berdiri sangat kontras, lingkungan Casco Viejo, juga dikenal sebagai San Felipe, menampilkan jalan berbatu, alun-alun yang indah, dan banyak hotel butik.

Menuju ke luar dari tengah, kunjungi Terusan Panama yang terkenal di dunia. Membentang sejauh 65 kilometer, jalur air ini menghubungkan Samudera Atlantik dan Pasifik dan selesai pada tahun 1914.

6. Suchitoto, El Salvador

Ibukota budaya El Salvador, Suchitoto menawarkan pengaturan yang fantastis di antara pegunungan Custatlan. Menampilkan bangunan kolonial berwarna cerah dan jalan berbatu yang mempesona, kota ini menghadap ke Danau Suchitlan yang indah.

Tempat yang tepat untuk bertemu penduduk setempat, Suchitoto menjadi hidup di malam hari dan akhir pekan dengan pedagang kaki lima dan pengrajin. Luangkan waktu untuk melihat-lihat karya mereka atau kunjungi salah satu galeri untuk melihat-lihat.

Hanya dengan berjalan kaki 1.5 kilometer dari pusat kota, Anda akan menemukan air terjun Los Tercios. Sebuah formasi unik dari kolom batu heksagonal yang besar, air terjun ini kaya akan cerita rakyat yang menjelaskan penciptaannya. Pencinta satwa liar juga harus tetap waspada karena lebih dari 200 spesies burung telah tercatat di sekitar Suchitoto.

7. Campeche, Meksiko

Terletak di tenggara Semenanjung Yucatan Meksiko, Campeche adalah salah satu kota paling berwarna di Meksiko. Pusatnya yang terdaftar di UNESCO dikelilingi oleh dinding dan dipenuhi dengan bangunan yang telah dipugar yang dicat dalam berbagai warna pastel.

Tempat yang fantastis untuk belajar tentang sejarah kolonial Meksiko, Anda akan menemukan rumah besar yang terpelihara dengan baik dan benteng yang dibentengi. Jangan lewatkan Benteng San Miguel, yang dulunya dibangun untuk melindungi kota dari bajak laut dan kini telah dibuka kembali sebagai museum. Ada juga hotel indah bergaya kolonial tempat Anda bisa bermalam.

Selain itu, Campeche menawarkan pantai yang tenang yang sering diabaikan oleh wisatawan. Cukup berkendara di jalan pesisir menuju Ciudad del Carmen dan berhenti di hamparan pasir mana pun yang Anda sukai.

8. Granada, Nicagarua

Terletak di tepi Danau Nikaragua, danau terbesar di Amerika Tengah, Granada adalah kota tertua dan paling mempesona di Nikaragua. Ditata dalam kotak persegi panjang, Granada dikemas dengan arsitektur kolonial dan bangunan berwarna pastel.

Di jantungnya, Anda akan menemukan Calle la Calzada, jalan utama, yang dipenuhi dengan toko-toko, hotel, restoran, dan kafe. Terletak di sebelah Central Park, Katedral Granada adalah tempat yang harus dilihat dan sulit untuk dilewatkan karena menara lonceng kuning kenari.

Terletak hanya 10 kilometer dari kota adalah Gunung Berapi Mombacho yang terkenal. Tercakup dalam hutan awan mistis, gunung berapi ini menawarkan banyak pendakian jika Anda mencari petualangan di luar Granada.

9. Santa Clara, Kuba

Kota universitas yang berkembang, Santa Clara, ditandai selamanya sebagai tempat di mana pemimpin gerilyawan Che Guevara memenangkan pertempuran terakhir Revolusi Kuba pada tahun 1959. Dan pengingat akan sejarah kota tetap menjadi beberapa atraksi utamanya, seperti Monumen dan Mausoleum Che Guevara, yang berisi sisa-sisa Che Guevara serta beberapa barang miliknya di museum.

Namun, Santa Clara juga memiliki budaya pemuda yang membanggakan dan edgy, ditampilkan di kafe mahasiswa bohemian dan dengan festival rock tahunan Ciudad Metal. Selain itu, ini adalah kota pertama di Kuba yang mempromosikan penyertaan komunitas gay dan menawarkan pertunjukan drag resmi satu-satunya di negara tersebut.

Parque Vidal juga merupakan tempat yang bagus untuk menonton dan bersantai seperti penduduk setempat. Setiap Kamis dan Minggu, Anda akan menyaksikan orkestra kota bermain di panggung pada pukul 20.00.

10. Merida, Meksiko

Berperingkat sebagai salah satu tempat teraman untuk dikunjungi di Meksiko, Merida yang indah dikemas dengan seni, budaya, dan sejarah. Persembahan museumnya termasuk kelas dunia Gran Museo del Mundo Maya dan Museum of Modern Art. Sementara permata arsitektur seperti Katedral dan Istana Pemerintah juga menarik perhatian.

Jelajahi Paseo de Montejo dan temukan rumah mewah bergaya Eropa abad ke-19. Atau, pergilah ke Plaza Grande untuk menyaksikan pertunjukan musik dan tarian rakyat. Anda juga akan menemukan pasar yang dinamis, dengan yang terbesar dari semuanya adalah Pasar Lucas de Galvéz yang ramai.

Selain itu, banyak yang menggabungkan masa tinggal mereka di Merida dengan kunjungan ke situs Maya yang terkenal di Chichen Itza. Dan Anda dapat mengakhiri hari Anda dengan mencicipi makanan Yucatecan yang lezat di salah satu dari banyak restoran di Merida.

Recommended Articles