7 Makanan Khas Magelang yang Sayang untuk Dilewatkan
Kuliner

7 Makanan Khas Magelang yang Sayang untuk Dilewatkan

Magelang, salah satu kota di Jawa Tengah, bukan hanya terkenal karena keindahan alamnya, seperti Candi Borobudur yang ikonik, tetapi juga karena beragam kuliner lezatnya. Berikut adalah 7 makanan khas Magelang yang sayang untuk dilewatkan saat Anda mengunjungi kota ini:

1. Gudeg Magelang

Gudeg Magelang adalah varian dari hidangan gudeg yang terkenal. Hidangan ini terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan, gula merah, dan berbagai rempah-rempah, seperti daun salam dan lengkuas. Gudeg Magelang sering disajikan dengan nasi, ayam kampung, dan telur rebus. Rasanya manis, gurih, dan sangat lezat.

2. Lumpia Magelang

Lumpia Magelang adalah hidangan lumpia yang terkenal di kota ini. Lumpia ini terbuat dari kulit lumpia yang tipis dan diisi dengan rebung, tauge, telur, ayam, dan udang cincang. Lumpia ini sering disajikan dengan saus kacang yang lezat. Rasanya segar dan gurih, membuatnya menjadi hidangan yang populer di Magelang.

3. Sate Kere

Sate Kere adalah hidangan sate khas Magelang yang terbuat dari daging sapi cincang yang dicampur dengan kelapa parut. Daging ini kemudian dibumbui dengan berbagai rempah-rempah dan dibakar hingga matang. Sate Kere biasanya disajikan dengan bumbu kacang yang pedas dan sangat nikmat.

4. Gethuk Goreng

Gethuk Goreng adalah camilan tradisional yang terbuat dari ketan yang digoreng hingga garing dan disajikan dengan saus gula merah. Rasanya manis dan renyah, membuatnya menjadi camilan yang populer di Magelang.

Baca:  8 Macam Makanan Khas Jogja yang Enak Wajib Coba

5. Nasi Pecel Magelang

Nasi Pecel adalah hidangan nasi khas Jawa yang disajikan dengan sayuran hijau dan saus kacang. Namun, Nasi Pecel Magelang memiliki ciri khasnya sendiri. Saus kacangnya lebih kental dan kental, dan biasanya disajikan dengan potongan tahu dan tempe goreng yang gurih.

6. Sego Kucing

Sego Kucing adalah hidangan unik dari Magelang. Hidangan ini terdiri dari nasi kecil yang disajikan dalam piring atau daun pisang. Anda dapat memilih berbagai lauk pauk yang disajikan di sekitar nasi, seperti ayam goreng, ikan goreng, telur pindang, dan sambal. Sego Kucing adalah cara yang menyenangkan untuk mencicipi berbagai hidangan dalam satu hidangan.

7. Klepon Magelang

Klepon adalah camilan manis tradisional yang terbuat dari tepung ketan yang digulung dengan kelapa parut dan gula merah, lalu dimasak hingga matang. Klepon Magelang memiliki sentuhan khusus, yaitu mereka sering disajikan dengan taburan kacang tanah yang memberikan tekstur gurih yang unik.

Inilah beberapa makanan khas Magelang yang tidak boleh Anda lewatkan saat mengunjungi kota ini. Selain keindahan alamnya, Magelang juga memanjakan lidah Anda dengan hidangan-hidangan yang lezat. Jadi, pastikan untuk menjajal kuliner lokal ini saat Anda berada di Magelang!